Pages

Ads 468x60px

LANGKAH-LANGKAH MENGINSTALL MOODLE DI LINUX

MOODLE merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment merupakan paket perangkat lunak yang di produksi untuk kegiatan belajar mengajar berbasis internet dan website (E-Learning). Moodle dibangun dengan prinsip social constructionist pedagogy bersifat Open Source dan menggunakan lisensi GNU sehingga memungkinkan anda bisa menggunakan moddle dengan bebas, termasuk mengkopi, memperbanyak, dan memodifikasinya. Dengan menggunakan Moodle sebagai LMS (Learning Management System) anda bisa selangkah lebih maju dalam mendesain sistem pembelajaran yang berkualias, Meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar, meningkatkan motivasi belajar siswa, efisiensi biaya belajar, dan lainnya.
Kurangnya bahan bacaan atau tutorial tentang cara membangun moodle pada sistem operasi yang bersifat open source mendorong saya untuk menuliskan tutorial ini. Kebanyakan tutorial dan bahan bacaan yang ada menggunakan sistem operasi windows yang notabene merupakan sistem operasi berbayar. Pada seri tutorial ini saya menggunakan sistem operasi Ubuntu, sebuah sistem operasi yang bersifat open source dan sangat mudah untuk digunakan. Kenapa harus ubuntu? karena ubuntu merupakan sistem operasi yang selain bersifat open source juga sangat cocok untuk lidah seseorang yang terbiasa menggunakan sistem operasi windows, kestabilan, serta banyaknya mirror server yang tersedia di Indonesia juga menjadi nilai tambah system operasi ini.
Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mengikuti tutorial ini? agar anda tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti tutorial ini maka beberapa peralatan dibawah ini harus anda sediakan terlebih dahulu :
1. Laptop/Komputer yang sudah terinstall sistem operasi ubuntu 11.04
2. Koneksi internet
3. LAMP server,
Setelah persiapan-persiapan diatas lengkap, sekarang anda bisa mulai melakukan proses installasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Silahkan buka terminal anda kemudian Install moodle dengan perintah
sudo apt-get install moodle
2. Saat proses installasi berlangsung anda diminta untuk mengisi URL untuk moodle, defaultnya adalah http://localhost/moodle, jika tidak mau diubah silahkan tekan enter Description: LANGKAH-LANGKAH MENGINSTALL MOODLE DI LINUX Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: LANGKAH-LANGKAH MENGINSTALL MOODLE DI LINUX